KISI-KISI DAN PREDIKSI SOAL USBN SEJARAH INDONESIA 2018


Mohon perhatikan baik-baik ini hanya prediksi soal...bukan jaminan soal USBN akan seperti ini

SEBARAN KISI-KISI USBN  SEJIN dan PREDIKSI SOAL
LINGKUP MATERI
NO SOAL PG
NO SOAL UR
PREDIKSI SOAL
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
  prinsip-prinsip dasar ilmu sejarah (pengetahuan sejarah, ciri-ciri sejarah, unsur-unsur sejarah, konsep waktu, ruang lingkup, priodisasi, kronologi, kronik dan historiografi) Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
  prinsip-prinsip dasar ilmu sejarah (pengetahuan sejarah, ciri-ciri sejarah, unsur-unsur sejarah, konsep waktu, ruang lingkup, priodisasi, kronologi, kronik dan historiografi)
1,2,3

-Ciri-ciri sejarah
-Unsur-unsur sejarah
-Pengetahuan sejarah
-konsep ruang dan waktu

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  konsep periodisasi, kronologi, kronik dalam sejarah
4,5

-Berpikir sinkronik-diakronik
-berpikit periodisasi dan kronologi
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
  konsep historiografi dalam ilmu sejarah
6

-Ciri-ciri hidtoriografi tradisional. Kolonial,modern
-contoh historiografi tradisional. Kolonial,modern
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
  kehidupan manusia praaksara dan asal- usul nenek moyang bangsa Indonesia (melanesoid, proto, dan deutro melayu) proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu- Buddha ke Indonesia
proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia
7,8,9

-Ciri-ciri zaman Neolitikum, Megalitikum, zaman logam
-hipotesa masuknya budaya India ke Indonesia
-teori-teori masuknya Islam ke Indonesia
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  kehidupan sosial, ekonomi dan budaya pada masa Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia
10,11

-Sosial-Hindu Budha
-Politik- kerajaan Islam
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
  kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya pada
masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia
12,13,14
41
-Pol = kerajaan Mataram Islam
-ekonomi: kerajaan Sriwijaya
-sosial:kerajaan Kediri

URAIAN:
-Jelaskan sebab-sebab kemunduran kerajaan Majapajit
-Jelaskan sebab-sebab  kemunduran kerajaan Mataram Islam
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
  Penjajahan bangsa Barat dan Jepang di Indonesia
lahirnya pergerakan nasional di Indonesia
15,16,17

-Latarbelakang kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timur
-faktor pendorong Jepang masuk ke Indonesia
-faktor dalam  dan luar negeri negeri pendorong pergerakan nasional Indonesia
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  Perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dan Jepang di Indonesia
  Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa dan Jepang
Pertumbuhan dan perkembangan nasionalisme di Indonesia
18,19,20
42
-Kebijakan pemerintah kolonial ( ex tanam paksa)
-Strategi OPN masa Belanda dan Jepang
-OPN (ideologi dan bentuk/bidang kegiatan)

URAIAN:
-Jelaskan strategi organisasi pergerakan nasional pada masa penjajahan Belanda
- Jelaskan strategi organisasi pergerakan nasional pada masa penjajahan  Jepang
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
  dampak penjajahan bagi masyarakat Indonesia di berbagai bidang kehidupan  terbentuknya negara kebangsaan Indonesia
21,22

-dampak penjahahan Belanda dlm bidang poleksosbud
- dampak penjahahan Jepang dlm bidang poleksosbud
- Tokoh-tokoh penggagas Pancasila BPUPKI , dan  tugas PPKI
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
  peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai pada masa Demokrasi Liberal
23,24,25

-Makna proklamasi
-upaya-upaya perbaikan ekonomi
-kabibet-kabinet dan kebijakan
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
  pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia
  perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan sampai Tahun 1965
  kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
26,27,28,29

-peran tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
-maklumat-maklumat dan sidang-sidang PPKI
- peran tokoh dalam mengatasi pergolakan/oemberontakan
-ciri ciri masa Demokrasi Terpimpin
- penyimpangan-penyimpangan masa Demokrasi Terpimpin
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
  strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia
  Pergolakan dalam negeri (pemberontakan PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS,
PRRI, Permesta, G-
30-S/PKI)
30,31,32
43
-upaya damai
-upaya militer
-sebab muncul pergolakan

URAIAN:
-Uraikan perjuangan konfrontasi dalam mempertahankan kemrdekaan Indonesia
- Uraikan perjuangan diplomasi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
  kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
33,34,35,36

-Plan  Kasimo
-Keluarga Berencana
-Transmigrasi
-Trilogi Pembangunan
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  kehidupan sosial, ekonomi, politik Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai masa Reformasi
37.38
44
-sebab-sebab munculnya Orde Baru dan Reformasi
-Segi + dan – Orde Baru dan Reformasi

URAIAN:
-Jelaskan sebab-sebab munculnya Ord e Baru
- Jelaskan sebab-sebab munculnya Reformasi
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
  peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
  peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia (KAA, Misi Garuda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting)
39,40
45
-Tritura
-Agenda Reformasi
-Peran Indonesia dalam ASEAN

URAIAN:
-Jelaskan peran bangsa Indonesia dalam upaya mewujudkan perdamaian dunis melalui:
a. KAA         d. ASEAN
b. GNB        e. Misi Garuda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHAN AJAR ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA

PERKEMBANGAN KEHIDUPAN ZAMAN PRA AKSARA

PERKEMBANGAN KEHIDUPAN ZAMAN MEGALITIKUM DAN ZAMAN PERUNDAGIAN/ZAMAN LOGAM