KISI-KISI DAN PREDIKSI SOAL USBN SEJARAH INDONESIA 2018
Mohon perhatikan baik-baik ini hanya prediksi soal...bukan jaminan soal USBN akan seperti ini
SEBARAN KISI-KISI USBN SEJIN dan
PREDIKSI SOAL
LINGKUP MATERI
|
NO SOAL PG
|
NO SOAL UR
|
PREDIKSI SOAL
|
Peserta didik memahami dan
menguasai tentang :
prinsip-prinsip dasar ilmu sejarah (pengetahuan sejarah, ciri-ciri sejarah, unsur-unsur
sejarah, konsep waktu, ruang lingkup, priodisasi, kronologi, kronik
dan historiografi) Peserta didik
memahami dan menguasai tentang :
prinsip-prinsip dasar ilmu sejarah
(pengetahuan sejarah, ciri-ciri sejarah, unsur-unsur sejarah, konsep waktu,
ruang lingkup, priodisasi, kronologi, kronik dan historiografi)
|
1,2,3
|
-Ciri-ciri sejarah
-Unsur-unsur sejarah
-Pengetahuan sejarah
-konsep ruang dan waktu
|
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
konsep periodisasi, kronologi, kronik dalam sejarah
|
4,5
|
-Berpikir sinkronik-diakronik
-berpikit periodisasi dan kronologi
|
|
Peserta didik dapat menggunakan
nalar
dalam mengkaji:
konsep historiografi dalam ilmu sejarah
|
6
|
-Ciri-ciri hidtoriografi tradisional. Kolonial,modern
-contoh historiografi tradisional. Kolonial,modern
|
|
Peserta didik memahami dan
menguasai tentang :
kehidupan manusia praaksara dan asal- usul nenek moyang bangsa Indonesia (melanesoid, proto, dan deutro melayu) proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu- Buddha ke Indonesia
proses masuknya agama dan kebudayaan Islam
ke Indonesia
|
7,8,9
|
-Ciri-ciri zaman Neolitikum, Megalitikum, zaman logam
-hipotesa masuknya budaya India ke Indonesia
-teori-teori masuknya Islam ke Indonesia
|
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
kehidupan sosial, ekonomi dan budaya pada masa Hindu, Buddha
dan Islam di Indonesia
|
10,11
|
-Sosial-Hindu Budha
-Politik- kerajaan Islam
|
|
Peserta didik dapat menggunakan
nalar
dalam mengkaji:
kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya pada
masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia
|
12,13,14
|
41
|
-Pol = kerajaan Mataram Islam
-ekonomi: kerajaan Sriwijaya
-sosial:kerajaan Kediri
URAIAN:
-Jelaskan
sebab-sebab kemunduran kerajaan Majapajit
-Jelaskan
sebab-sebab kemunduran kerajaan
Mataram Islam
|
Peserta didik memahami dan
menguasai tentang :
Penjajahan bangsa Barat dan Jepang di Indonesia
lahirnya pergerakan nasional di Indonesia
|
15,16,17
|
-Latarbelakang kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timur
-faktor pendorong Jepang masuk ke Indonesia
-faktor dalam
dan luar negeri negeri pendorong pergerakan nasional Indonesia
|
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
Perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dan Jepang di Indonesia
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa dan Jepang
Pertumbuhan dan perkembangan nasionalisme di Indonesia
|
18,19,20
|
42
|
-Kebijakan pemerintah kolonial ( ex tanam paksa)
-Strategi OPN masa Belanda dan Jepang
-OPN (ideologi dan bentuk/bidang kegiatan)
URAIAN:
-Jelaskan
strategi organisasi pergerakan nasional pada masa penjajahan Belanda
- Jelaskan
strategi organisasi pergerakan nasional pada masa penjajahan Jepang
|
Peserta didik dapat menggunakan
nalar
dalam mengkaji:
dampak penjajahan bagi masyarakat Indonesia di berbagai bidang kehidupan terbentuknya negara kebangsaan Indonesia
|
21,22
|
-dampak penjahahan Belanda dlm bidang poleksosbud
- dampak penjahahan Jepang dlm bidang poleksosbud
- Tokoh-tokoh penggagas Pancasila BPUPKI , dan tugas PPKI
|
|
Peserta didik memahami dan
menguasai tentang :
peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia perkembangan kehidupan politik dan ekonomi
Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan
sampai pada masa Demokrasi Liberal
|
23,24,25
|
-Makna proklamasi
-upaya-upaya perbaikan ekonomi
-kabibet-kabinet dan kebijakan
|
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan
Indonesia
pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia
perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
sampai Tahun 1965
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
26,27,28,29
|
-peran tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
-maklumat-maklumat dan sidang-sidang PPKI
- peran tokoh dalam mengatasi pergolakan/oemberontakan
-ciri ciri masa Demokrasi Terpimpin
- penyimpangan-penyimpangan masa Demokrasi Terpimpin
|
|
Peserta didik dapat menggunakan
nalar
dalam mengkaji :
strategi dan bentuk perjuangan bangsa
Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
Indonesia
Pergolakan dalam negeri (pemberontakan PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS,
PRRI, Permesta, G-
30-S/PKI)
|
30,31,32
|
43
|
-upaya damai
-upaya militer
-sebab muncul pergolakan
URAIAN:
-Uraikan
perjuangan konfrontasi dalam mempertahankan kemrdekaan Indonesia
- Uraikan
perjuangan diplomasi dalam mempertahankan kemerdekaan
Indonesia
|
Peserta didik memahami dan
menguasai tentang :
kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan
(sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
33,34,35,36
|
-Plan Kasimo
-Keluarga Berencana
-Transmigrasi
-Trilogi Pembangunan
|
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
kehidupan sosial, ekonomi, politik Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai masa Reformasi
|
37.38
|
44
|
-sebab-sebab munculnya Orde Baru dan Reformasi
-Segi + dan – Orde Baru dan Reformasi
URAIAN:
-Jelaskan
sebab-sebab munculnya Ord e Baru
- Jelaskan sebab-sebab
munculnya Reformasi
|
Peserta didik dapat menggunakan
nalar
dalam mengkaji:
peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia (KAA, Misi Garuda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting)
|
39,40
|
45
|
-Tritura
-Agenda Reformasi
-Peran Indonesia dalam ASEAN
URAIAN:
-Jelaskan peran
bangsa Indonesia dalam upaya mewujudkan perdamaian dunis melalui:
a. KAA d. ASEAN
b. GNB e. Misi Garuda
|
Komentar
Posting Komentar