MATERI POKOK PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH SEJARAH INDONESIA TAHUN 2020
|
No
|
MATERI POKOK SOAL PILIHAN GANDA US
SEJIN 2020
|
|
1
|
Pengertian sejarah baik secara
objektif dan subjektif.
|
|
2
|
Konsep berpikir kronologis
(diakronik), sinkronik ruang dan waktu dalam sejarah.
|
|
3
|
Ciri-ciri manusia jaman Pra-aksara.
Peserta didik dapat mengkategorikan jenis manusia pra aksara berdasarkan
ciri-cirinya
|
|
4
|
Gambar hasil budaya manusia jaman
pra-aksara
|
|
5
|
Jaman pra-aksara berdasarkan
ciri-ciri kehidupan ekonomi dan budayanya.
|
|
6
|
Teori masuknya agama dan budaya
Hindu-Buddha di Indonesia
|
|
7
|
Kehidupan kerajaan Tarumanegara
lewat penafsiran hasil peninggalan
|
|
8
|
Kehidupan agama, sosial dan budaya
kerajaan Kutai melalui prasasti peninggalan kerajaan.
|
|
9
|
Teori masuknya agama dan budaya
Islam di Indonesia
|
|
10
|
Kehidupan sosial, ekonomi, budaya
masa Islam di kerajaan Mataram
|
|
11
|
Latar belakang berdirinya kongsi dagang
bangsa Barat di Indonesia
|
|
12
|
Sifatpergerakan
organisasi-organisasi pergerakan nasional di Indonesia
|
|
13
|
Dampak masa penjajahan bangsa Eropa dalam ekonomi
|
|
14
|
Nilai-nilai dan makna sumpah pemuda bagi kehidupan
kebangsaan di Indonesia pada masa kini
|
|
15
|
Organisasi – organisasi bentukan
Jepang di Indonesia
|
|
16
|
Sifat pendudukan
Jepang di Indonesia
|
|
17
|
Peran Tokoh daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
|
|
18
|
Makna proklamasi kemerdekaan bagi
kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
|
|
19
|
Peristiwa pembentukan pemerintahan
pertama Republik Indonesia pada awal kemerdekaan (hasil-hasil sidang PPKI)
|
|
20
|
Perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta
sebagai proklamator serta tokoh-tokoh lainnya sekitar proklamasi, dan kesimpulan peran dan nilai-nilai tokoh proklamator
|
|
21
|
Strategi dan
bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan
Belanda
|
|
22
|
Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa, menentukan upaya –upaya (baik damai maupun
militer) dalam mengatasi pemberontakan
|
|
23
|
Gambar tentang tokoh nasional dan daerah peserta didik dapat menentukantokoh
yang berperan dalam upaya mengatasi pemberontakan
di Indonesia sampai tahun
1965.
|
|
24
|
Gambar tokoh ekonom Indonesia pasca
revolusi kemerdekaan hingga Orde baru
|
|
25
|
Kesimpulan perkembangan kehidupan masa Demokrasi Liberal dalam bidang tertentu.
|
|
26
|
Kesimpulan perkembangan kehidupan masa Demokrasi Terpimpin dalam bidang tertentu.
|
|
27
|
Kesimpulan
perkembangan kehidupan bangsa Indonesia pada masa Orde baru dalam bidang tertentu.
|
|
28
|
Kehidupan pada masa awal Reformasi dalam bidang ekonomi, politik, sosial
|
|
29
|
Peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
|
30
|
Penyebab terjadinya perubahan demokrasi di Indonesia daritahun
1950 sampai dengan Era
Reformasi.
|
|
31
|
Faktor pendorong terjadinya
peristiwa reformasi 1998
|
|
32
|
Upaya damai dan upaya militer pemerintah
Indonesia untuk mengatasi pergolakan (tahun 1948-1965).
|
|
33
|
Gambar tokoh yang berpengaruh besar
dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia pada masa reformasi
|
|
34
|
Alasan kritikan thd Revolusi hijau
|
|
35
|
Perkembangan IPTEK di bidang komunikasi
|
Komentar
Posting Komentar